Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, December 1, 2012

GOLKAR REKOMENDASIKAN ASSAGAFF-SAHUBURUA

Fungsionaris DPP Partai Golkar Artje Lopies menyatakan akan merekomendasikan pasangan Said Assagaff dan Zet Sahuburua sebagai calon pimpinan daerah Pilkada Provinsi Maluku 2013.

"Rekomendasi untuk calon pimpinan di Pilkada (Pemilu kepala daerah) itu tinggal ditandatangani Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie yang telah menerima masukan dari berbagai komponen bangsa soal peluang besar pasangan tersebut memenangkan pemilihan Gubernur - Wagub Maluku periode 2013 - 2018," katanya di Ambon, Sabtu.

Pertimbangannya berdasarkan survei konsultan independen dan profesional yang ditunjuk DPP Partai Golkar ternyata Assagaff dan Sahuburua memiliki tingkat elektibilitas tertinggi dari kandidat lainnya.

Apalagi keduanya tidak diragukan kapabilitas maupun pribadi diterima semua komponen bangsa di Maluku.

Assagaff saat ini memangku jabatan Wagub Maluku (2008 - 2013) yang sebelumnya adalah Sekda setempat, menyusul penjenjangan karier di jajaran Pemprov setempat, di samping Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Maluku.

Sedangkan Sahubura adalah Komisaris Utama PT.Bank Maluku, Ketua DPD Partai Golkar Maluku dan mantan Ketua DPRD setempat dua periode.

"Jadi hasil survei itu menunjukan kandidat pasangan ini mendapat dukungan besar berbagai lapisan masyarakat di Maluku sehingga berpeluang menang satu putaran dengan kemenangan lebih dari 50 persen pemilih nantinya," tandas Artje.

Peluang memang keduanya, kata dia, telah disampaikan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie dan diarahkan agar berproses sesuai mekanise sebelum rekomendasi dikeluarkan dalam waktu dekat.

"Saya telah menjamin peluang menang Assagaff - Sahuburua karena kenyataannya di masyarakat menginginkan keduanya memimpin Maluku lima tahun mendatang," katanya.

Artje juga memastikan kader Partai Golkar seperti anggota DPR - RI, Edison Betaubun maupun fungsionaris DPP Partai Golkar, Freddy Latumahina tingkat elektibilitas relatif rendah.

"Keduanya sahabat dan kader yang juga tidak diragukan kapasitasnya, namun tingkat elektibilitas relatif rendah sehingga rekomendasikan bakal diberikan kepada Assagaff - Sahuburua," tegasnya.

Artje selama sepekan berada di Ambon untuk memantau perkembangan proses Pilkada Maluku, termasuk menghadiri Musda V Depidar SOKSI optimistis Assagaff - Sahuburua diterima berbagai komonen bangsa dan menang Pilkada hanya satu putaran.

Kandidat pasangan lainnya yang marak adalah Freddy Latumahina dengan Kakanwil Kementerian Agama Maluku, Mohammad Atamimi.

Partai Golkar menempatkan delapan dari 45 anggota DPRD Maluku secara ketentuan lebih memenuhi persyaratan untuk mengusung pasangan calon Gubernur - Wagub karena harus 15 persen.

Balon Gubernur lainnya yang juga mendaftar di DPD Partai Golkar Maluku adalah Alex Retraubun, Nono Sampono, Abdullah Tuasikal, John Pelupessy, Azis Samual, Daud Sangadji dan Jacky Noya.

Sedangkan kandidat Wagub yakni Zet Sahuburua, Muhammad Atamimi, Abdullah Tuasikal, Moda Latupono, Hamid Rahayaan, Junus Duganata dan La Suryady.(ant)

0 comments:

Post a Comment